Jumat, 06 Juni 2008

Awal dan Akhir

Setiap ada awal pasti ada akhir .. dua hal yang saling melengkapi dengan makna yang begitu dalam. awal selalu rela berkorban untuk akhir meski dia tak menikmati apa yang dimulainya dan akhir selalu menerima apa yang telah dimulai awal tanpa protes ..tanpa sesal.Selain itu kadang kala akhir-pun akan berkorban untuk awal dan memberikannya pengetahuan dari hal yang dialaminya agar si awal tidak terpeleset sebagaimana dia menerimanya dari awal yang terdahulu,sehingga awal yang baru dapat dimulai dengan lebih sempurna dan bersiap2 untuk mengorbankan segala usahanya untuk akhir yang baru pula ..dan seterusnya .

Yah mungkin sebuah kalimat yang membingungkan awal-akhir-awal-akhir-dst ... bingunggggg..,seperti duluan mana ayam dan telur,membingukan dan tak terpecahkan.Tapi jika kita mau sedikit berpikir .. awal dan akhir mungkin adalah pesan dari sang pencipta agar kita belajar .. apa itu arti iklas,sabar dan pengorbanan.Iklas sebagaimana awal berusaha untuk si-akhir dan si-akhir akan iklas menerima apapun dari si-awal,sebuah prosa yang membingungkan .. heheehe :d.

Atau mungkin awal dan akhir itu adalah kita,kita mahluk ciptaannya .. coba'kita hitung sudah berapa orang yang telah berkorban untuk kita?banyak dan banyak sekali ..trus bagaimana dengan kita .. masihkah kita berdiam diri saja dengan menerima pengorbaanan begitu saja tanpa berpikir untuk berkorban bagi generasi yang akan datang ...hmm betapa durhakanya kita jika kita hanya menjadi rantai putus dari siklus awal dan akhir .