Senin, 12 Mei 2008

Siapa Bilang C# lebih bagus dari pada Java

Hmmm .. banyak forum bilang C# is 10% better than java .. ,jadi sempat berpikir untuk beralih ke C# apalagi dengan banyaknya dukungan baik framework ataupun toolsnya.Singkat kata akhirnya kesampean juga gue nyoba' C# with IDE Visual Studio 2005,kesan pertama keren bahasanya lebih mudah dipahami ,apalagi kalo kalo udah pernah yoba' variantnya c++ ,prosess kompilasinya yang jauh lebih cepat daripada java .. ya mungkin karene gue pakek OS windows juga yang notabene masih satu bapak alias sama produk mikocok(Microsoft red) :D,lama berselang gue akhirnya nyobak web development pakek vs2005(c#),nah disinilah baru masalah demi masalah muncul,mulai dari IIS-nya yang bermasalah sampek component2 webnya yang ternyata mlugudus alias cuman html yang kebetulan dibungkus kedalam gambar2 keren berbentuk component :D.dan akhirnya inilah sebab2 kenapa gue lebih milih java ketimbang c#:


1.Support dari microsoft sangat2 kurang dan bahkan cenderung acuh terhadap komunitas developernya.example ..sampek nangis2 yari cara buat ngefix IIS gue yang error lantaran katanya ada dll yang missing,ee ..udah ngikutin hampir semua pentunjuk dari microsoft dan semuanya gagal akhirnya ..disuruh uninstall ini kek itu kek yang akhirnya suruh uninstall everything ...-->habis baca petunjuk yang terakhir gue langsung shock ini support model apa,yang bikin kok sampek nggak tau apa yang harus dilakukan,hmmm satu nilai minus besar buat mikocok....

2.Behind code , hmmm kesan pertama keren..., tapi setalah tau ternyata itu hanya replika contekan dari action formnya si struts .. jadi kecewa lagi , microsoft yang begitu membanggakan C# ternyata hanya ,menyontek dari pesaingnya ..

3.NHibernate yang disulap jadi LINQ , wah emang microsoft gak kurang akal untuk nyari duit , setelah sebelumnya NHibernate benar populer dikalangan developer... eee malah pengembanganya diambil alih sama micorosoft, emang kalo orang serakah tak ada henti2nya untuk mencari uang dan uang ..,kecewa deh NHibernate berakhir di versi 1.2 alias 2.0 alpha ..

4.Penanganan Error , yah yang ini benar2 memaksa developer pada umumnya untuk menjadi males,bagaimana tidak banyak error2 nya tidak ditampilkan line code-nya memaksa kita memakai vasilitas debug/trace di VS yang ujung2nya disuruh beli juga tuh VS.

5.PreCompile,dulu waktu di java males banget dengan apa2 yang dicompile dulu baru deploy .. eh ternyata tanpa kita sadari itu adalah fasilitas yang sangat2 berguna ,dimana tidak akan ada lagi error pada saat penulisan code , yang ada hanya kesalahan di logika saja,sedangkan fasiliras precompile pada VS justru menjadi bumerang dimana jika terlalu sering terjadi error penulisan code ,bisa menyebabkan IIS stuck dan akhirnya down .. wah,sampai ada komentar pahit dari salah satu mantan programer .NET(c#) kalo diartiin gini "Apakah Saya Perlu Sebuah Server Mahal Untuk Develop aplikasi .NET,jika memang itu ya sudah saya kembali saja ke cara lama,cara java :D"

btw ,ini hanya tulisan yang di rangkum dari forum2 yang kebetulan dilewati oleh b2knewbie serta dikaitan dengan apa yang dialami oleh b2knewbie dalam kesehariannya ..

Tidak ada komentar: